You need to enable javaScript to run this app.

Seminar Pemilihan Umum Bersama KPU di SMAN 1 Banjar

  • Senin, 15 November 2021
  • Andris
  • 0 komentar
Seminar Pemilihan Umum Bersama KPU di SMAN 1 Banjar

Pemilihan umum atau pemilu pasti sudah sering terlaksana di negara Indonesia. Namun terkadang masih banyak orang yang belum memahami mengenai pemilu ini, terutama para pelajar yang baru akan melaksanakan pemilu untuk pertama kalinya. Kali ini di SMAN 1 Banjar diadakan seminar mengenai pemilihan umum bersama KPU, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di meeting room SMAN 1 Banjar, dan diikuti oleh siswa dengan tertib sesuai dengan protokol kesehatan. Pada acara kali ini, KPU menjelaskan mengenai pemilihan umum yang akan dilaksanakan oleh para pelajar di kemudian hari. Pelaksanaan seminar ini menjadi salah satu upaya dari pihak KPU agar pemilih dari kalangan pelajar bisa berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum. Sebagai pelajar diharapkan dapat aktif mengikuti kegiatan pemilu, acara seperti seminar seminar yang diadakan oleh pihak pemilu, untuk mendorong dalam proses kepemiluan. “Para pelajar sebenarnya merupakan  kekuatan yang paling besar dalam konteks pemilu dan demokrasi, karena secara kuantitatif para pemilih baru itu sangat dominan menentukan arah bangsa kedepannya seperti apa. Maka para pemilih pemula sangat strategis sebetulnya untuk sedikit merubah tatanan, tentu melalui proses pemilu ini bisa memaksimalkan potensi pemilih pemula yang ada di Kota Banjar. Kita harus menjadi pemilih yang cerdas dan rasional tidak menentukan pilihan melalui uang, pemilih pemula harus memiliki wawasan agar tidak terseret dalam tali politik.” Ujar salah satu pemateri di seminar. 

Persiapan pihak KPU menghadapi pemilu karena tahun 2024 tersisa 3 tahun lagi, maka pada tahun 2022 pihak KPU akan memasuki tahap penyelenggaraan, yaitu pendaftaran partai politik. Setelah diadakannya seminar ini diharapkan para siswa memiliki pengalaman baru pada bidang literasi yang berhubungan dengan komisi pemilihan umum, kemudian penyegaran dari kapolres Kota Banjar. “ Dari seminar ini kita dapat pengalaman baru, dan saat ini kesadaran masyarakat mengenai pemilu masih kurang, sudut pandang masyarakat mengenai politik tergolong negatif. Meskipun terkadang ada beberapa kasus suap menyuap.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Barnas, S.Pd., M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb Kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT beserta Nabi Muhammad SAW beserta sahabat-sahabatnya yang telah memberikan karunia…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apakah Website sman1banjar.sch.id memberikan informasi yang bermanfaat

Hasil
Banner